Mujizat dibalik Caring dalam Diri Sendiri dan Orang Lain



Caring, Perhatian, Perawat, Komunikasi Perawat
Caring merupakan sentral praktik keperawatan, tetapi hal ini lebih penting dalam kekacauan lingkungan pelayanan kesehatan saat ini. Kebutuhan, tekanan, batas waktu dalam waktu pelayanan kesehatan saat ini. Kebutuhan, tekanan, batas waktu dalam lingkungan pelayanan kesehatan berada dalam ruang kecil praktik caring yang membuat perawat dan profesi kesehatan klien (Watson dalam Potter dan Perry, 2009).
Watson menjelaskan bahwa konsep dia didefinisikan untuk membawa arti baru untuk paradigma keperawatan adalah “berasal dari pengalaman empiris klinis dilantik dikombinasikan dengan latar belakang filsafat, intelektual dan experiental : dengan demikian pekerjaan awal saya muncul dari nila sendiri-sendiri, keyakinan, dan persepsi tentang kepribadian, kehidupan, kesehatan, dan persepsi tentang kepribadian, kehidupan, kesehatan, dan penyembuhan ( Watson dalam Tomey & Alligood, 2006).

Caring, Perhatian, Perawat, Komunikasi Perawat,Jean Watson

Carrative Faktor
Parker, M. (2001). Nursing theories and nursing practice. Philadelphia: F.A. Davis.
Watson, J. (2008). Nursing: The philosophy and science of caring (Rev. ed.). Boulder, CO: University Press of Colorado.

Dalam pandangan keperawatan Jean Watson, manusia diyakini sebagai person as a whole, as a fully functional integrated self. Jean Watson mendefinisikan sehat sebagai kondisi yang utuh dan selaras antara badan, pikiran, dan jiwa, ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian antara diri yang dipersepsikan dan diri yang diwujudkan. Dari beberapa konsep sehat sakit di atas dapat dikemukakan beberapa hal prinsip, antara lain:
1) Sehat menggambarkan suatu keutuhan kondisi seseorang yang sifatnya multidimensional, yang dapat berfluktuasi tergantung dari interrelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi.
2) Kondisi sehat dapat dicapai, karena adanya kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungan baik internal maupun eksternal.
3)    Sehat tidak dapat dinyatakan sebagai suatu kondisi yang terhenti pada titik tertentu, tetapi berubah-ubah tergantung pada kapasitasnya untuk berfungsi pada lingkungan yang dinamis.
Caring, Perhatian, Perawat, Komunikasi Perawat,Jean Watson

Carative Faktor menurut Watson adalah mencoba menghargai dimensi manusia dalam perawatan dan pengalaman-pengalaman subjektif dari orang yang kita rawat. Elemen-elemen yang terdapat dalam carative faktor (Alligood, 2014) adalah :
1.     Melatih rasa cinta dan kepedulian
Nilai-nilai humanistic (kemanusiaan) dan altruistik (mementingkan orang lain daripada diri sendiri) adalah awal dipelajari dalam kehidupan dapat sangat berpengaruh pada asuhan keperawatan. Faktor ini dapat didefinisikan sebagai dari memantapkan hati diri sendiri kemudian diberikan ke orang lain (Watson, 1979).
2.     Menciptakan kepercayaan dan harapan
Faktor ini, menggabungkan nilai-nilai humanistik dan altruistik, asuhan keperawatan secara holistik memperkenalkan sesuatu fasilitas alternative kesehatan lainnya yang positif dalam populasi pasien. itu juga menjelaskan peran perawat dalam mengembangkan hubungan interrelationship  perawat-pasien yang efektif dan dalam meningkatkan kesehatan dengan membantu pasien dapat melakukan  perilaku sehat (Watson, 1979).
3.     Meningkatkan rasa sensitive terhadap diri sendiri dan sesama
Mengenali perasaan lewat pemahaman antara perawat dan pasien. Sebagai perawat mengetahui mereka mempunyai perasaan sensitivitas, mereka menjadi lebih iklas, authentic. dan sensitive  terhadap orang lain (Watson, 1979).
4.     Membangun  hubungan helping- trust (membantu kepercayaan)
Membantu membangun hubungan antara perawat dan pasien sangat penting untuk  caring transpersonal.  Sebuah hubungan saling percaya meningkatkan  dan menerima ekspresi dari kedua perasaan positif dan negatif. Ini menyebabkan keharmonisan,  empati, kehangatan nonpossessive, dan komunikasi yang efektif di aplikasikan dengan jujur, tulus, dan otentik. Empati adalah pengalaman yang harus saling berkomunikasi sehingga itu dapat memahami yang di alami seseorang.  Kehangatan non-posesif adalah ditunjukkan oleh: berbicara dengan suara sedang, sikap terbuka santai, dan ekspresi wajah yang bersahabat dengan komunikasi yang lainnya. (Watson, 1979).
5.     Mengungkapkan perasaan positif dan negatif
Berbagi perasaan adalah pengalaman mengambil risiko untuk keduanya perawat dan pasien. Perawat harus mempersiapkan perasaan baik positif atau negatif. Perawat harus paham mengenai  intelektual dan emosional merupakan kondisi  yang berbeda  (Watson, 1979).
6.     Menggunakan proses caring yang kreatif dalam penyelesaian masalah
Penggunaan proses keperawatan dengan pendekatan ilmiah untuk pemecahan masalah perawatan, menghilangkan citra tradisional seorang perawat adalah sebagai dokter . Proses keperawatan mirip dengan proses penelitian dalam hal ini adalah sistematis dan terorganisir (Watson, 1979).
7.     Peningkatan pengalaman belajar mengajar transpersonal
Faktor ini merupakan konsep penting untuk keperawatan yang memisahkannya caring dari curing. Hal ini memungkinkan pasien harus di  informasikan dan mengubah tanggung jawab kesehatan dan sehat untuk pasien. Perawat memfasilitasi proses ini dengan belajar mengajar teknik yang dirancang untuk memungkinkan pasien untuk menyediakan perawatan diri, menentukan kebutuhan pribadi, dan memberikan kesempatan untuk pertumbuhan pribadi mereka(Watson, 1979).
8.     Mengutamakan aspek spiritual dan keyakinan untuk penyembuhan
Perawat harus menyadari pengaruh intern dan lingkungan eksternal terhadap kesehatan dan penyakit individu. Konsep yang relevan dengan ingkungan internal meliputi mental dan spiritual kesejahteraan dan keyakinan sosial budaya seorang individu. Selain variabel epidemiologi, variabel eksternal lainnya termasuk kenyamanan, privasi, keamanan, dan bersih, estetika  (Watson, 1979).
9.     Membantu pemenuhan kebutuhan dasar manusia
Perawat mengenali kebutuhan fisik, psikososial, dan intrapersonal pada diri endiri dan pasien. Pasien harus memenuhi kebutuhan paling dasar sebelum mencoba untuk memenuhi  kebutuhan dengan tingkat lebih tinggi. Makanan, eliminasi, dan ventilasi adalah contoh pemenuhan kebutuhan  dasar biofisik, sedangkan aktivitas, tidak beraktifitas, dan seksualitas dianggap pemenuhan kebutuhan psikofisik. Prestasi dan organisasi  adalah pemenuhan kebutuhan yang tingkat tinggi psikososial. Aktualisasi diri adalah pemenuhan kebutuhan tingkat tinggi intrapersonal-interpersonal (Watson, 1979).
10.          Menghargai untuk kekuatan  eksistensial-fenomenologica
Fenomenologi menggambarkan Situasi data yang langsung  mengerti seseorang dari penampilannya tersebut dalam bentuk suatu pertanyaan. eksistensial Psikologi adalah penelitian tentang keberadaan manusia dengan menggunakan phenomenological analisa. Watson menganggap faktor ini sulit dimengerti. Hal ini membutuhkan pengalaman pemikiran yang lebih berat, yang mengarah ke sebuah pemahaman  yang lebih baik  untuk diri sendiri dan orang lain. 


Seseorang yang senantiasa diberikan keyakinan dan dorongan untuk sembuh dan mampu mengontrol penyakitnya, maka akan menunjukkan perilaku untuk berusaha untuk sembuh dan mengontrolnya, begitupun sebaliknya. Faktor ini sifatnya dapat berasal dari luar atau dalam diri individu sendiri. Besar pengaruh yang dapat diberikan oleh pemberi persuasi adalah rasa percaya kepada pemberi persuasi dan menyakini bahwa dirinya mampu untuk mengelola penyakitnya tersebut. Saat yang sama melalui verbal persuasi membantu menghargai kekuatan eksistensial-fenomenologi yaitu menghargai dan menyadari bahwa hidup-mati-penderitaan merupakan berkat dari Tuhan dan menyakini kemungkinan akan keajaiban/mukjizat kesembuhan dari Tuhan dan mengingatkan kembali bahwa individu merupakan makluk cipataan Tuhan yang paling sempurna dan terus dikasihi Tuhan.
Baca juga artikel dibawah ini yang berhubungan dengan artikel diatas:
2.  Apa Kemenangan dalam Kehidupan Anda
     (penerapan aplikasi Bandura)
           3.  Keajaiban DNA dalam Tubuh Kita