Menjaga Kesehatan


Hal Prinsip dalam menjaga Kesehatan:
  1. Sehat menggambarkan sutau keutuhan kondisi anda yang sifatnya multidimensional, yang dapat berfluktuasi tergantung dari intervensi antara faktor-faktor yang mempengaruhi.
  2. Kondisi sehat dapat dicapai, karena adanya kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungan baik internal maupun eksternal.
  3. Sehat tidak dapat dinyatakan sebagi suatu kondisi yang terhenti pada titik tertentu, tetapi berubah-ubah tergantung pada kapasitasnya untuk berfungsi pada lingkungan yang dinamis.
Kita sering mendengar orang berkata bahwa kita harus melawan penyakit dan emosi negatif kita, kita menolak, melawan perasaan marah, sedih, galau, dan sebagainya, namun pada kenyataannya yang benar adalah terhadap perasaan negatif sekalipun kita tidak boleh menolak, perasaan yang buruk itu, yang marah itu, yang sedih itu, yang galau itu juga ingin diterima, ini mungkin hal baru bagi anda tapi ini penting sekali agar tidak ada perlawanan diri, terima dengan baik anggap sebagi hal yang wajar untuk terjadi, anggap sebagi normal, maka ia akan cepat berlalu daripada anda lawan karena energy tertuju kemana focus anda berada, pikiran anda berada, semakin anda tolak semakin anda tidak terima, maka ia semakin besar dan itu semakin menggangu anda, diterima, disyukuri, dijalani dan kemudian akan berlalu dengan sendirinya.

Seperti halnya penyakit yang ada dibadan kita, sering kita mengeluh bahwa penyakit itu merupakan dampak dari luar tubuh kita, tetapi beberapa peneliti menemukan bahwa semua penyakit yang ada di tubuh kita ini semua bersumber dari kita sendiri. Patut kita renungkan bersama bahwa apa yang kita makan, minum, pikirkan, itulah yang membuat tubuh kita semakin bermasalah. Semakin tubuh kita tidak kita perhatikan maka tubuh akan menjadi sakit. 

Jadikan penyakit itu hal yang biasa, yang merupakan bagian dalam kehidupan anda. Ada cerita seperti ini : "Saat anak kecil diperhatikan dengan ketulusan, maka anak kecil tersebut juga senang sekali kepada kita, dan sebaliknya" sama halnya dengan penyakit saat kita memperhatikan penyakit itu menjadi sesuatu yang patut kita pikirkan, maka penyakit itu suka sekali terhadap diri kita. Trus bagaimana ??? inilah yang sering dilontarkan banyak orang. Jadikan penyakit itu hal yang biasa, bagian dari diri kita yang seadanya saja kita memikirkannya, dan wajib kita bersyukur akan hal itu.


Bagaimana untuk menjaga kesehatan yang sempurna, baca juga artikel :

Kita sering sekali untuk selalu bersyukur dalam hidup ini, bersyukur dan bersyukur semua hal yang harus kita syukuri ; apa yang kita miliki, apa yang kita alami, diatara semua hal itu yang sangat perlu disyukuri sebenarnya adalah keberadaan anda, keberadaan anda ya... anda tidak salah dengar yaitu keberadaan anda, bahwa anda ada, bahwa dirimu ada di dunia ini, ini sebuah hal yang sangat berharga, coba katakan di dalam hati beberapa kali setelah anda membaca renungan ini, katakan pada hati; aku ini ada, aku merasa beruntung aku ini ada, aku merasa beruntung, dan dan rasakan ada kekutan ketegaran, kekuatan, kebahagiaan yang anda rasakan mensyukuri keberadaan anda, bahwa anda ada di dunia ini. Maka anda akan menjadi orang yang kuat, tegar dan selalu sabar, selalu bahagia.