Kemenangan dalam Kehidupan

Kemenangan hidup, Motivasi,Cacat,Ketidakpastian hidup
Apa Kemenangan dalam kehidupan Anda ? 

Pertanyaan diatas sering terlontar oleh pikiran kita, saat apa kita menang dalam menjalani kehidupan ini. Kehidupan ini banyak persoalan di dalamnya, termasuk diri kita yang menjalaninya, kehidupan ini sering tidak sejalan dengan pikiran dan kehendak kita.
Beberapa pakar meneliti tentang hal ini “ Bagaimana menguasai diri kita supaya kita menang menjalani kehidupan ini?” salah satunya yang kita bahas adalah teori dari Bandura ini.
Bandura, Kemenangan, Motivasi

Menurut teori Bandura (1997) mendefinisikan self efficacy sebagai suatu keyakinan seseorang tentang kemampuannya dalam melakukan aktivitas tertentu yang akan berpengaruh terhadap kehidupannya. Self efficacy akan menentukan bagaimana seseorang merasa, berpikir, dan memotivasi dirinya sendiri untuk bertindak atau berperilaku. Menurut (Alligood, 2006) self efficacy mempengaruhi pengelolaan hambatan dalam bertindak, sehingga semakin tinggi efficacy akan menurunkan persepsi adanya hambatan untuk melakukan tindakan.
Menurut Bandura (1977), efikasi diri terdiri dari 3 dimensi, yaitu: magnitude, yaitu dimensi yang berfokus pada tingkat kesulitan yang dihadapi oleh seseorang terkait dengan usaha yang dilakukan. Dimensi ini berimplikasi pada pemilihan perilaku yang dipilih berdasarkan harapan akan keberhasilannya. Generality, yaitu berkaitan dengan seberapa besar/luas cakupan tingkah laku yang diyakini mampu dilakukan untuk dilakukan. Berbagai pengalaman pribadi dibandingkan pengalaman orang lain pada umumnya akan lebih mampu meningkatkan efikasi diri seseorang. Dan strength (Kekuatan), dimana dimensi ini berfokus pada bagaimana kekuatan sebuah harapan atau keyakinan individu akan kemampuan yang dimilikinya. Harapan yang lemah bisa disebabkan karena adanya kegagalan, tetapi seseorang dengan harapan yang kuat pada dirinya akan tetap berusaha gigih meskipun mengalami kegagalan.
Seseorang juga dapat termotivasi oleh harapan yang diinginkannya. Disamping itu, kemampuan untuk mempengaruhi diri sendiri dengan mengevaluasi penampilan pribadinya merupakan sumber utama motivasi dan pengaturan dirinya. Self efficacy merupakan salah satu hal terpenting dalam mempengaruhi diri sendiri untuk membentuk sebuah motivasi. Kepercayaan self efficacy mempengaruhi tingkatan pencapaian tujuan, kekuatan untuk berkomitmen, seberapa besar usaha yang diperlukan, dan bagaimana usaha tersebut ditingkatkan ketika motivasi menurun.
Kemenangan terbesar dalam kehidupan kita sebenarnya terletak dalam diri kita sendiri. Kemampuan dalam diri kita melebihi dari apa yang kita pikirkan dan sadari, itulah kekuatan dalam diri kita terbesar dalam kehidupan ini. pertanyaan selanjutnya apa yang membuat spesial dan yang bisa membuat diri kita menang yang berada di dalam diri kita. Kekuatan terbesar dalam diri kita adalah kemampuan kita dalam menguasai diri kita sendiri, saat seseorang mampu menguasai dirinya dan mengontrol semuanya itulah kemenangan diri kita yang sejati.(@christ,2015)


No comments: